Thursday, February 14, 2013 | By: akhmad kharis Kurniawan

PENGERTIAN DAN ASAS-ASAS KURIKULUM


BAB 1
PENGERTIAN DAN ASAS-ASAS KURIKULUM

Para ahli kurikulum modern cenderung mendefinisikan dalam arti yang luas. Kurikulum didefinisikan sebagai segala kegiatan yang terjadi di sekolah yang tidak hanya terjadi di dalam kelas saja namun juga meliputi kegiatan di luar kelas bahkan mencakup juga segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kelakuan siswa, termasuk kebersihan kelas, pribadi guru, sikap petugas sekolah, dan lain-lain. Kurikulum dapat dipandang dari berbagai sisi, yakni, curriculum as a product, as program, as intended learnings, as the experience of the learner. Dapat pula kita memandangnya sebagai formal curriculum, ideal, real, actual curriculum atau potential learning experiences. 

Ada kebaikan dan kelemahan pengertian kurikulum yang terlampau luas atau terlampau sempit. Hilda Taba memandang kurikulum sebagai “a plan for learning.” Ada kecenderungan pengertian kurikulum meluas, karena banyak tugas yang sedianya oleh rumah tangga dan lembaga informal lainnya dibebankan kepada sekolah. Kurikulum senantiasa harus diubah karena perubahan masyarakat akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perubahan kurikulum berjalan kontinu kalau tidak mau ketinggalan zaman. Karena adanya macam-macam definisi kurikulum, tiap guru harus menentukan tafsirannya sendiri. Pilihannya itu akan mempengaruhi konsepsinya tentang tugasnya sebagai pendidik. Ia dapat menganut pendirian yang tradisional atau progresif.
Pada bab ini ini juga membahas mengenai asas-asas kurikulum yang meliputi :
  1. Asas filosofis yaitu asas yang berkenaan dengan tujuan pendidikan
  2. Asas psikologis yaitu asas yang memperhitungkan factor anak dalam kurikulum yang menyangkut 2 aspek yaitu psikologi anak, perkembangan anak; serta psikologi belajar, bagaimana proses belajar anak.
  3. Asas sosiologis, yaitu keadaan masyarakat, perkembangan dan perubahan, kebudayaan manusia, hasil kerja manusia berupa pengetahuan, dan lain-lain.
  4. Asas organisatoris yaitu asas yang mempertimbangkan bentuk dan organisasi bahan pelajaran yang disajikan.
Adapun komponen-komponen kurikulum meliputi : tujuan, bahan pelajaran, proses belajar-mengajar, dan evaluasi atau penilaian.


Untuk lengkapnya silahkan download secara gratis di Klik di sini

0 comments: